• Apakah Dana Bantuan Sosial Tidak Terencana
    (Bansos Emergency E-Response) Itu

    Bantuan sosial adalah pemberian bantuan berupa uang atau barang dari pemerintah daerah kepada individu atau keluarga sifatnya tidak secara terus-menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial yang tidak dapat diperkirakan pada saat penyusunan APBD yang apabila ditunda penanganannya akan menimbulkan resiko sosial yang lebih besar bagi individu dan/atau keluarga yang bersangkutan, dan diprioritaskan untuk penanganan akibat bencana, pengobatan bagi masyarakat yang tidak mampu, dan santunan uang duka.

Tanya-Jawab Dana Bansos Tidak Terencana

  • 1. Siapa sajakah yang berhak mengajukan dan menerima dana Bantuan Sosial Tidak Terencana?

    Yang berhak mengajukan dan menerima Bantuan Sosial Tidak Terencana, antara lain :

    1. Pengaju Bansos Emergency E-Response adalah Warga Banten yang mengetahui ada Tetangga atau Masyarakat Sekitar yang yang mengalami keadaan tidak stabil sebagaimana akibat dari krisis sosial, ekonomi, politik, bencana atau fenomena alam yang rentan terkena resiko sosial dapat langsung melaporkan/mengajukan Bansos Emergency E-Response.
    2. Penerima Bansos Emergency E-Response merupakan warga Banten (Individu atau Keluarga) yang mengalami keadaan tidak stabil sebagaimana akibat dari krisis sosial, ekonomi, politik, bencana atau fenomena alam yang rentan terkena resiko sosial agar dapat memenuhi kebutuhan hidup minimum.
  • 2. Apa saja Resiko Sosial yang dimaksud?

    Resiko Sosial yang dimaksud adalah Kejadian atau peristiwa yang dapat menimbulkan potensi terjadinya kerentanan sosial yang ditanggung oleh individu, keluarga, kelompokdan/ataumasyarakat sebagai dampak krisis sosial, krisis ekonomi, krisis politik, fenomena alam dan bencana alam yang jika tidak diberikan belanja bantuan sosial akan semakin terpuruk dan tidak dapat hidup dalam kondisi wajar. Contohnya sakit keras atau memiliki Rumah Tidak Layak Huni.

  • 3. Mengapa pengajuan Bantuan Sosial Tidak Terencana yang diajukan tidak memenuhi kriteria?

    Apa yang menyebabkan Ajuan Bantuan Sosial Tidak Terencana tidak memenuhi kriteria?

    1. Ajuan yang diajukan tidak berdampak resiko sosial
    2. Kurang lengkapnya dokumen atau persyaratan pendukung pengajuan Bansos Tidak Terencana